Kawan-kawan yang banyak bergerak di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non Goverment Organization
(NGO) atau kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat
(empowerment) tentu sangat familiar dengan Pemetaan Partisifatif.
Ada beberapa metode pemetaan partisifatif yang biasa
digunakan antara lain Partisipatory Rural Appraisal (PRA) dan Rapid
Rural Appraisal (RRA
MENGENAL
PRA
DAN
ALAT-ALAT PRA
PRA
(Participatory Rural Appraisal)
·
Kajian keadaan desa
secara partisipatif, dilakukan oleh masyarakat
dan difasilitasi atau didampingi oleh Tim Pemberdayaan Masyarakat.
·
Proses belajar secara
cepat, intensif, sistematis dan semi terstruktur yang dilakukan oleh masyarakat
sendiri yang pada awalnya dipandu oleh Tim Multi Disiplin yang terdiri dari
petani dan pihak luar.
Teknik dan
Pendekatan PRA
·
Teknik :
=
Tinjauan data sekunder.
=
Pengamatan langsung.
= Pembuatan diagram/model-model instrument PRA.
= Wawancara semi terstruktur.
= Diskusi/lokakarya.
·
Pendekatan
=
Partisipatif
Syarat
Pelaksanaan
·
Lingkungan belajar
kondusif, peserta belajar merasa nyaman dan bebas, tidak tertekan atau takut
menyampaikan pendapatnya.
·
Partisipasi anggota
masyarakat (petani).
·
Rasa hormat kepada
petani.
·
Kesabaran dan
kemampuan mendengarkan.
·
Sikap merendah dari
Tim.
·
Mempunyai perhatian
terhadap pengetahuan dan pengalaman yg dimiliki oleh masyarakat setempat.
Prinsip-prinsip
PRA
·
Mengutamakan yg terabaikan.
·
Pemberdayaan
masyarakat.
·
Masyarakat sebagai
pelaku, orang luar sebagai fasilitator.
·
Saling belajar dan
menghargai perbedaan.
·
Non formal dan
santai.
·
Keragaman (teknik,
informasi dan latar belakang).
·
Mengoptimalkan hasil.
·
Orientasi praktis.
·
Berkelanjutan dan
selang waktu.
·
Belajar dari
kesalahan.
·
Terbuka.
Alat
|
Tujuan
|
Data/info yg
Diperoleh
|
1. Data sekunder
|
Diketahuinya
gambaran
Awal
keadaan desa
(masy dan
lingknya)
Sbg pembanding data
yg dperoleh langsung
dai masy dg teknik
lainnya
|
Agroklimat
Kepnddkan (jml, lk2 dan prmp)
Kelembagaan, batas wilayah, jens
usaha, komoditi usaha tani.
Program-program pembangunan
|
2. Sketsa Desa
|
Diketahuinya kondisi,
potensi lingkungan dan masalah umum
Menjadi bahan pertimbangan dlm
menyusun
RUK< RKK dan RKD
|
Sumberdaya alam
Tata guna lahan
Batas wilayah
Tata letak
Perumahan
Sekolah, jalan, sungai,
Bangunan 2 lain
Dll.
|
3.
Penelusuran alur sejarah
|
Diketahuinya asal usul
desa dan perkembangan masyarakatnya
|
Sejarah desa
Budaya
Riwayat pnddk
Dll.
|
4.
Bagan kecenderungan dan perubahan
|
Diketahuinya kecenderungan
adanya perubahan dlm berbagai hal.
Dpt digunakan utk
memprediksi kemungkinan di masa dating
|
Curah hujan, suhu udara.
Pola tanam.
Hama
penyakit.
Tenaga kerja.
Volume produksi..
Kontrol dan akses L/P.
Luas tanaman/prodksi.
Masalah.
|
5.
Diagram kegiatan rutin harian
|
Diketahuinya gambaran
pola kegiatan keluarga (bapak, ibu, anak)
Diketahuinya gambaran
peluang anggota keluarga dlm memanfaatkan waktu dan penguasaan sdm keluarga
|
Waktu kerja produktif social bapak,
ibu dan anak.
Kontrol dan akses kelg terhadap
sumberdaya.
Masalah
|
6. Kalender Musim
|
Diketahuinya kegiatan,
peristiwa, masalah dan peluang dlm satu siklus waktu tertentu
|
Musim hujan, kemarau.
Pola tanam.
Hama penyakit, paceklik.
Tenaga kerja (L/P/A).
Jenis kerja (L/P/A)
Masalah
|
7.
Diagram Venn (diagram hubungan klmbagaan)
|
Diketahuinya hubungan,
pengaruh, kedekatan dan manfaat suatu kelembagaan (formal/non formal) dgn
masyarakat.
|
Jenis kelembagaan.
Peran dan hub. Masyarakat.
Akses dan control (L/P/A) thdp kelembagaan
Masalah.
|
8. Peta Mobilitas
|
Diketahuinya gambaran
kelompok masy dlm hubungannya dgn pihak lain di luar lingkungannya.
|
Lokasi.
Jarak.
Frekuensi prjlnn.
Pelaku kegiatan (L/P/A).
Alat transprtasi.
Biaya transportasi.
Masalah.
|
9. Transek
|
Diketahuinya gambaran
potensi suatu wilayah lengkap dgn informasi ekosistem yg ada dlm bentuk
gambar irisan melintang permukaan bumi wilayah tsb.
|
Topografi dan kemiringan lahan.
Keragaman vegetasi dan fauna.
Tingkat erosi.
Jenis tanah.
Tata guna lahan.
Penerapan teknologi.
Sumber air dan aliran sungai.
Masalah
|
10.
Sketsa Lahan Usaha Tani Keluarga
|
Diketahuinya potensi
sumberdaya lahan keluarga
|
Jenis usaha tani keluarga
Keragaman vegetasi.
Penerapan teknologi.
Peran anggota keluarga (L/P/A).
Jarak dari tmpt tinggal.
Akses dan control thd sumberdaya.
Masalah
|
11. Matriks ranking
|
Diketahuinya prioritas
masalah, potensi dan pilihan teknologi.
|
Masalah social, ekonomi dan budaya,
politik, usaha petani, teknoloi dll.
Potensi usah petani, potensi
pendidikan petani.
Prioritas masalah (L/P/A)
|
12. Diagram alir
|
Diketahuinya alur
suatu Sistem tertentu misalnya Pengelolaan usaha,
teknologi lokal dsb
|
- Jenis usaha, pelaku jenis
teknologi, peran gender.
Masalah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar