Rabu, 23 Januari 2013

POS YANDU BALITA - JANUARI 2013

Kegiatan POS YANDU BALITA


Kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat saat ini telah menjadi isu global.  Begitu juga bagi bangsa indonesia, kesehatan masyarakat menjadi hal yang esensial karena  kesehatan menjadi faktor pendukung dalam menentukan indeks pembangunan manusia. (IPM)

Kegiatan penimbangan berat badan balita di Kel. Kantor



Pemerintah Kabupaten Ketapang juga terus memacu pelayanan kesehatan masyarakat sehingga indeks kesehatan masyarakat terus meningkat secara signifikan. Kelurahan Kantor sebagai kepanjangan tangan Pemkab Ketapang juga terus berupaya memaksimalkan kader-kader kesehatan, medis dan non medis untuk memberikan pelayanan kesehatan.
Imunisasi bagi Balita

Anak-anak dan balita  diyakini sebagai aset pembangunan manusia Indonesia di masa yang akan datang. Dengan demikian menjadi tugas dan tanggungjawab semua pihak untuk memastikan kesehatan anak-anak dan balita Indonesia dalam skala maksimal. Kesehatan yang baik akan meningkatkan kecerdasan dan Indek pembangunan manusia. 
Karena itu, setiap tanggal 12 setiap bulannya di sekretariat PKK Kelurahan Kantor,kader pos yandu Kelurahan Kantor dibantu  tenaga kesehatan dari  Puskesmas Mulia Baru melaksanakan Pelayanan Kesehatan kepada Balita dan Ibu hamil (Bumil). Setiap bulannya tak kurang dari 100 balita dan ibu hamil
pendataan Balita setiap bulan


Selain melaksanakan pengecekan KMS atau Kartu Menuju Sehat, secara rutin diadakan penimbangan badan, pemberian vitamin dan suntikan serta pelayanan medis lainnya kepada seluruh balita yang datang. 

Imunisasi rutin meningkatkan daya tahan balita
Menurut Utin Rosmini yang telah 25 tahun menjadi Kader Pos Yandu Kelurahan Kantor, kegiatan Pos Yandu Balita ini sangat antusiasme diikuti oleh ibu-ibu yang mempunyai Balita. Hal ini terbukti dari prosentase kunjungan peserta yang semakin meningkat setiap bulannya. Tidak hanya masyarakat di Kelurahan Kantor saja yang menikmati fasilitas Pos Yandu Balita ini, namun desa atau kelurahan sekitarnya juga mengikuti kegiatan tersebut.



Untuk kegiatan pemberian makanan tambahan bagi Balita dan ibu hamil, selama kegiatan di Pos Yandu dibantu juga pendanaannya melalui kegiatan   Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). 

Penimbangan Balita dilaksanakan oleh Kader Pos Yandu

Sebagai Kepala Kelurahan Kantor, Pitriyadi, S.Hut M.Si menyatakan terima kasihnya atas kehadiran ibu-ibu yang membawa balita mereka selama kegiatan di Pos Yandu. Dengan kesadaran dan partisifasi dari seluruh masyarakat dan kader pos yandu diyakininya pelayanan kesehatan masyarakat akan semakin meningkat. 

Kepala Kelurahan Kantor, Pitriyadi juga menyatakan salut dan bangganya atas kehadiran dan dukungan Bapak ILNAZI selaku Babinsa di Kelurahan Kantor dalam kegiatan tersebut. Dengan dukungan serta partisifasi semua pihak diharapkan  kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat akan mudah direalisasikan
KMS menjadi rujukan kesehatan Balita
Balita dan Ibu Hamil menikmati makanan tambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar