Kamis, 24 Januari 2013

POS YANDU LANSIA BULAN JANUARI 2013

Pendaftaran Lansia untuk mendapatkan yankes

Pelayanan kesehatan di Kelurahan Kantor yang dilaksanakan rutin setiap bulannya, tidak hanya diberikan kepada anak-anak, Balita dan remaja saja. Namun Pos Pelayanan Terpadu (Pos Yandu) juga rutin memberikan pelayanan kesehatan kepada orang-orang tua lanjut usia (lansia). 
salah seorang lansia mengecek tensi darah

Menurut Hasanah, salah seorang Kader Pos Yandu Lansia di Kelurahan Kantor, kegiatan Pos Yandu lansia secara rutin dilaksanakan setiap bulannya. Tercatat kunjungan lansia yang mendapat pelayanan kesehatan setiap bulannya antara 70 – 100 orang per bulan. Tenaga medis yang memberikan pelayanan berasal dari puskesmas Mulia Baru.  

 Setiap lansia yang mendatangi Pos Yandu Lansia juga mendapatkan pelayanan maksimal antara lain penimbangan berat badan, mengukur tensi darah, gula darah, kolesterol serta pemeriksaan lainnya.   


Para lansia juga dapat mengkonsultasikan langsung kondisi kesehatannya kepada tenaga kesehatan yang bertugas sehingga dapat diberikan solusinya.
Umumnya para lansia yang mengikuti kegiatan di Pos Yandu di Kelurahan Kantor, tidak hanya berasal dari kelurahan kantor saja, namun juga berasal dari desa atau kelurahan di sekitarnya, antara lain  Kelurahan Mulia Baru, Kelurahan Tengah, Kelurahan Sampit, Kelurahan Sukaharja, Desa Payak Kumang dan Desa Sukabangun.
lansia melakukan penimbangan badan

Rahmad, 75 th, pensiunan TNI yang tinggal di Kelurahan Sukaharja, menyatakan rutin setiap bulannya mengikuti kegiatan di Pos Yandu Lansia Kelurahan Kantor. Tidak saja dapat memeriksakan kesehatannya,  ia juga dapat bertemu sahabat, kolega serta rekan-rekan lama yang dulu bertugas. 
 

Untuk mengokohkan ikatan para lansia tersebut, Kader Pos yandu Lansia Kelurahan Kantor juga memfasilitasi Arisan Bulanan sebesar 10 ribu Rupiah.  Dengan demikian, semangat dan harapan hidup para lansia akan semakin tinggi. 
Kegiatan  Pos yandu lansia di kelurahan Kantor selain mendapat dukungan dari Dinas kesehatan Ketapang, Puskesmas Mulia Baru, juga mendapat dukungan penuh dari Babinsa Keluarahan Kantor yaitu Bapak ILNAZI yang selalu hadir dalam kegiatan Pos Yandu Balita, Remaja dan lansia.
 
pengumpulan arisan bulanan


Lurah  Kantor dan Babinsa Bpk Ilnazi memantau keg Pos Yandu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar