Jumat, 25 Mei 2012

SEJARAH KPA KHATULISTIWA KETAPANG


Anggota KPA di Puncak Gn Merapi, 2011
  
SEJARAH PENDIRIAN KELOMPOK PECINTA ALAM
KHATULISTIWA KETAPANG


14 April 2000  - 14 April 2012,
Tak terasa, sudah 12 tahun Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang berkiprah dalam pembangunan generasi muda peduli lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di Bumi Ketapang Negeri Matan Tanjungpura tercinta. Syukur alhamdullah, KPA Khatulistiwa yang beralamat di Jalan Letjen. S. Parman No. 107 Ketapang Kalimantan Barat ini, tetap eksis dan terus memberikan kontribusi maksimal bagi multistakeholder lainnya.
Angkatan . I di Gn. Palung th. 2000

12 tahun, sebuah umur, usia, penanggalan dan catatan perjalanan waktu  yang dikatakan “sedang” untuk ukuran sebuah organisasi kepemudaan & kepecintaalaman dan penggiat di alam terbuka.
Tak terhitung, betapa banyak kegiatan sosial kemasyarakat yang telah dilakukan di dusun, di desa, di kelurahan, kabupaten hingga provinsi.
Tak terbilang kegiatan ekspedisi ke hutan, rimba, belantara, gunung, lembah, ngarai, pantai, danau dan sungai di sepanjang bumi khatulistiwa. Tak sedikit, kegiatan advokasi lingkungan yang terus dilakukan oleh KPA Khatulistiwa dalam menyelamatkan kerusakan lingkungan hidup, penyelamatan flora dan fauna.

Tak gentar sedikitpun, mereka beraudiensi ke Pemkab. Ketapang, ke DPRD Ketapang dan pihak lainnya. Tak jadi pantangan, mereka melakukan “aksi damai” berkeliling kota, mengerahkan belasan, puluhan bahkan ratusan orang pemuda/remaja/mahasiswa yang meneriakan penyelamatan Bumi, Hutan dan LH SEKARANG juga.
Tak henti-hentinya, KPA Khatulistiwa, mencetak kader-kader penerus pejuang lingkungan, melalui Pra Pendidikan Dasar (Pra Diksar), Pendidikan dasar (Diksar) Ekspedisi serta kegiatan diklat lainnya
Penyelamatan Penyu

Tak sedikit, penghargaan dari Pemkab. Pemprov, tokoh masyarakat, tokoh agama atas sinergisitas dan soliditas KPA Khatulistiwa dalam pembangunan kehutanan, empowerment, education dan kewirausahaan bagi masyarakat dan pemuda di Ketapang.
Penghargaan sebagai Kelompok Pecinta Alam (KPA) TERBAIK se Kalimantan Barat dalam kegiatan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) yang diselenggarakan oleh Kementrian Kehutanan RI Tahun 2006 tidak menjadikan organisasi ini berpuas diri.
diksar di hutan kota

MEREKA TERUS BEKERJA, BEKERJA dan BEKERJA maksimal memberikan kontribusi siginfikan bagi sebuah “kondisi” yang lebih baik.
Tak salah, jika tahun 2011 yang lalu, KPA Khatulistiwa kembali terpilih sebagai KPA TERBAIK (kembali) se Kalimantan Barat dalam lomba yang sama. Sebuah prestasi yang membanggakan.

SEJARAH
Tidak banyak yang mengetahui, bahwa Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang diinisiasi oleh seorang pemuda yang BUKAN (alumni) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) atau Siswa Pecinta Alam (Sispala). Tidak ada ilmu, pengalaman dan latar belakang penggiat alam. Tidak ada sertifikasi yang LAYAK dijadikan sebagai referensi untuk mendirikan organisasi ini. Semua hanya bersumber dari NIAT dan TEKAT yang kuat untuk menciptakan sebuah organisasi yang peduli pada alam, LH, pemberdayaan masyarakat, dengan “bermain” di alam terbuka yang dapat menampung anak-anak pemuda remaja mahasiswa selanjutnya mengakomodir dalam kegiatan kreatif, inovatif, informative dan edukatif.
Pembibitan KPA KH

Keterampilan, kecapakan, pengetahuan  dan pengembaraan pada waktu “bermain” di alam terbuka dalam GERAKAN PRAMUKA (dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega), itulah modal dasar pendirian Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang. Survival, Refling, Mountenering, membaca jejak, kompas, peta, diving, caving, surfing, serta bakti social ditransperkan ke adik-adik pemula yang menjadi “Kelinci Percobaan” pendirian organisasi ini.
Kewirausahaan KPA KH

Selain itu, ilmu, keterampilan dan kecakapan selama bergabung di SYLVA INDONESIA PC. Univ. Tanjungpura menjadikan bekal tambahan keterampilan yang luar biasa bagi Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang.
Pengalaman selama bertahun tahun menjadi Cruising  di semua hutan rimba belantara  Kalimantan Barat (Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, landak, Sanggau, Bengakayang,Ketapang dlL) menjadi ilmu yang penting untuk mendidik anak KPA sebagai Survivor sejati.
ekspedisi Gn Tarak

LSM K3 dan KPA Khatulistiwa Ketapang
LSM Khatulistiwa Kota Kita (K3) TIDAK dapat dipisahkan dan dilepaskan dari KPA Khatulistiwa. LSM K3 merupakan lembaga Penggagas dan pendiri Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang dan semua statuta tercantum dalam AD ART yang berkekuatan Badan Hukum tetap yang dibuat di Kantor Notaris Ketapang. Di masa awal, tak terlupakan, kontribusi dan partisifasi saran, masukan, kritik yang konstruktif dari IR. SYAFREDO (aktivis LSM/NGO) dan ARIES BAHARIONO, S.Si (dulu di YSDK Kalbar). Sahabat penggiat dan “penggila” alam terbuka Bang KIKI menambah dan menularkan “kegilaan” refling, mountenering serta panjat tebing bagi adik-adik KPA Khatulistiwa.

 Pendiri dan Pembina KPA Khatulistiwa, antara lain :
1.    PITRIYADI, S.HUT M.Si
2.    ANDI SAPUTRA HZ
3.    MAHBUB, SH (alm)
4.    HALIDA, S.HUT
5.    LUFTI FAURUSAL HASAN, S.P

Generasi-generasi pemula/awal  yang turut mendirikan Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang antara lain :
1.  SYAHRUJI ISMAIL, S.IP
2.  SYAHRIZAL HZ
3.  RADEN ASMUN
4.  ZAINUDDIN, A.Ma.
5.  SUPRIYADI
6.  ANTU MESA
7.  SOFIA BIDI YUANA, S.Pd
8.  DEDI
9.  SUWANDI
10. MULYADI, S.Pi
11. VICTOR YOHANES TERANG

Mereka inilah yang melakukan perjalanan, pendakian dan dikukuhkan di Puncak Gunung Palung tangal 14 April 2000. Inilah ANGKATAN 1 (pertama) KPA Khatulistiwa.

Dalam perjalanannya, nama-nama seperti MUFTI AZUWARD, SE.I, RIFKI MARISEL, ST, ZULFAHMI, RADEN ABDILLAH, HAJERI OKTAFIANDI, SH semakin eksis dalam memberikan kontribusi serta menjadi kader-kader LSM K3 yang sangat luar biasa.

IKE KURNIATI, EVRI NURHASANAH, A.Ma, HIDAYATI, DANA, HANY, ICHA, ILHAM GURABA,  turut membesarkan dan mengawal tumbuhkembangnya KPA Khatulistiwa. 

IWAN, FERY IRWANTO, EVIT ERVIANTI, ANDRI YUDISTIRA, RAHMAD GUNAWAN, RIO, HENGKY CRISTIAN GUNAWAN, LINDA, ANNISA, AMAT, NISA, EKO, ALI, SUPRIK, TEGUH,  DEKI, BUDI, OKTA, terus membina dan mengembangkan organisasi peduli lingkungan hidup ini

Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang, juga tidak dilepaskan dalam pendirian SISWA PECINTA ALAM (Sispala) di Kabupaten Ketapang. Di mulai dari SMA Negeri I Ketapang, SMA PGRI dan beberapa sekolah lainnya, KPA Khatulistiwa menginisiasi dan mendidik siswa/siswi SMA/MA/SMK untuk lebih mengenal dan “dekat” dengan alam terbuka.


Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang, juga yang mendapatkan MANDAT untuk mendirikan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Kabupaten Ketapang hingga terlaksananya Musyawarah Cabang FPTI yang pertama kalinya di Ketapang.

Dahulu, sangat susah sekali untuk mengadakan kegiatan, karena kendala klasik. Dana, sarana dan prasarana. Sekarang semuanya lebih mudah, dukungan pendiri, lembaga pendiri, Pembina KPA, senior-senior yang telah bekerja serta bantuan dari pihak lainnya, sangat membantu dalam program kerja dan pengabdian KPA     Khatulistiwa pada masyarakat.

Alat-alat latihan, perlengkapan kemah/perjalan/ekspedisi, demonstrasi lapangan sekarang relatif lebih lengkap. Barang inventaris KPA Khatulistiwa mungkin nilainya tidak lagi ratusan ribu saja, mungkin sudah lebih puluhan juta rupiah. SEMUA TERASA INDAH rasanya,
Semua perjalanan, aktivitas dan kontribusi Kelompok Pecinta Alam (KPA) Khatulistiwa Ketapang, tidak akan maksimal tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Pemerintah, swasta, LSM/NGO, sekolah, masyarakat, dunia usaha dll.

TERUS BERKARYA dan BEKERJA UNTUK LINGKUNGAN HIDUP YANG LEBIH BAIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar